5 Tim Esports Indonesia Terkaya Berdasarkan Pendapatan Turnamen

(sumber: Facebook EVOS Esports)

JAKARTA – Tidak berasa 2023 sudah berlalu, sepanjang tahun 2023 lalu ada banyak sekali tim esports Indonesia yang sangat berprestasi. Mulai dari RRQ Hoshi, EVOS Legends, BOOM Esports hingga ONIC Esports. Selain mereka masih banyak tim – tim esports diluar sana seperti AURA, NFT, VICTIM Esports dan masih banyak lainnya.

Namun, bagi kalian yang penasaran ada apa saja sih tim – tim esports Indonesia yang memiliki pendapatan sangat besar berdasaarkan Turnamen 2023 lalu, MinEver akan merangkum nya disini. Ini dia pembahasannya.

Dilansir dari laman resmi esportsearning.com (04/01/2023), berikut adalah 5 tim esports Indonesia terkaya berdasarkan pendapatan turnamen hingga februari 2023:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. ONIC Esports

ONIC Juara MSC 2023 (sumber: Facebook MPL ID)

GO!…. ONIC!!!, mungkin itulah yang akan terlintas dipikiran kalian jika mendengar tim esports satu ini. ONIC Esports adalah tim esports Indonesia yang dijuluki Landak Kuning. Tim ini didirikan pada tahun 2018 dan fokus pada game Mobile Legends. ONIC Esports telah menjadi salah satu tim esports terkuat di Indonesia dan Asia Tenggara, dengan meraih berbagai prestasi, seperti juara MPL Season 3, 8, 10, 11 dan 12, runner up MPL Season 5 dan 7, Juara 1 MSC 2019, dan 2023. Tim ini juga pernah mengikuti turnamen M2 2021 dengan finis diposisi keempat. Tim ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar $1,215,560.51 (sekitar Rp 18,5 miliar) dari 62 turnamen yang diikuti.

2. Bigetron Esports (BTR)

Bigetron PUBG Mobile Juara PMCO 2019 (sumber: bigetron.gg)

Selanjutnya ada BTR, tim esports Indonesia satu ini mengawali eksistensinya dengan meramaikan turmaen League of Legends (LOL). Selain itu, tim ini juga telah mengikuti Mobile Legends Profesional League (MPL) Season 1, dan masih akan terus bertanding dalam turnamen season MPL ID terbaru. Namun, nama Bigetron Esports mulai diakui dunia berkat prestasi yang dicetak oleh divisi PUBG Mobile, yaitu Bigetron Red Alien (RA). Tim ini terdiri dari si kembar tachibana “Zuxxy” dan “Luxxy”, “Microboy”, dan “Ryzen”. Kalian pasti gak asing deh sama nama mereka. Bigetron RA menjadi tim PUBG Mobile terkuat di dunia dengan meraih gelar juara di turnamen yang diadakan oleh Tencent, seperti PUBG Mobile Club Open (PMCO), PUBG Mobile Pro League (PMPL), dan PUBG Mobile Global Championship (PMGC). Tim ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar $1,376,029.00 (sekitar Rp 21,4 miliar) dari 80 turnamen yang diikuti.

3. BOOM Esports

(sumber: Facebook BOOM Esports)

Di posisi ke tiga ada BOOM Esports, tim esports Indonesia yang berfokus pada game PC, terutama Dota 2 , CSGO, dan VALORANT. Tim ini didirikan pada tahun 2017 dengan nama BOOM ID dan kemudian bergati nama menjasi BOOM Esports pada tahun 2020. BOOM Esports telah mengikuti berbagai turnamen regional dan internasional, seperti Asia Pacific Predator League, ESL SEA Championship, VCT 2023, dan DreamHack Open. Tim ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar $1,422,316.95 (sekitar Rp 23,6 miliar) dari 117 turnamen yang diikuti. Pemain Dota 2 BOOM Esports, yaitu “Mikoto”, “Whitemon”, dan “Xepher”, juga termasuk dalam 10 atlet esports Indonesia dengan penghasilan terbesar

4. RRQ

(sumber: Youtube Team RRQ)

RRQ adalah tim esports Indonesia yang berdiri pada tahun 2013 dengan nama Rex Regum Qeon. Tim ini merupakan salah satu tim esports tertua dan terpopuler di Indonesia, dengan memiliki divisi di berbagai game, seperti Dota 2, Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, dan Valorant. RRQ dikenal sebagai salah satu tim esports terbaik di Indonesia, terutama di cabang Mobile Legends. Tim ini telah meraih berbagai gelar juara, seperti MPL Season 2, 5, 6, 9 Runner Up Mobile Legends: Bang Bang World Championship, (M1), juara dunia Point Blank International Championship (PBIC) 2017. RRQ berhasil meraih pendapatan di tahun 2023 di angka $2,387,413.67 dalam 117 turnamen yang diikuti. Maka jika dirupiahkan mereka meraup pendapatan sebesar 36,1 Miliar rupiah.

5. EVOS Esports

(sumber: EVOS Esports)

Pada awal mula dibentuk EVOS Esports, nama organisasi ini bukanlah EVOS melainkan Zero Latitude, yang berdiri pada tahun 2016. Tim ini kemudian berganti nama menjadi EVOS Esports pada tahun 2017 dan memperluas divisi permainannya ke berbagai game, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, Arena of Valor dan Call of Duty Mobile. EVOS Esports juga dikenal sebagai salah satu tim esports terbaik di Indonesia, terutama di cabang Mobile Legends. Tim ini telah meraih berbagai gelar juara, seperti, Mobile Legends: Bang Bang World Championship (M1) 2019, dan MPL Season 4 dan 7. Tim ini berhasil mendapatan sebesar $3,696,763.01 dalam 140 turnamen yang diikuti. Jika dirupiahkan, EVOS Esports mempunyai pendapatan 56 Miliar rupiah.

Itulah pembahasan mengenai beberapa tim esports di Indonesia yang memiliki pendapatan terbesar sampai tahun 2023 ini.

Jika kalian ingin mendapatkan info-info menarik lainnya seputar Esports dari Forever Esports.Id, kalian wajib mengikuti Instagram dan Tiktok foreveresports.Id. Dengan begitu kalian akan selalu mendapatkan info ter update lainnya!.

 

Updated: Januari 4, 2024 — 8:46 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *