Cara Menemukan Ponsel yang Hilang: 7 Strategi Saat Mati atau Menyala

Jakarta

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini memudahkan untuk melacak keberadaan HP yang hilang dalam keadaaan hidup atau mati. Jika situasi yang tidak diinginkan terjadi, seperti lupa meletakkan ponsel atau menjadi korban pencurian, kamu dapat mudah melacaknya.

Meskipun begitu, penting untuk mengingat data pribadi seperti akun dan kata sandi email, serta nomor IMEI perangkat ponselmu untuk melakukan pelacakan lokasi HP tersebut.

Maka dari itu, detikINET telah merangkum cara-cara yang dapat kamu gunakan untuk melacak HP Android atau Iphone yang hilang baik dalam keadaan mati maupun menyala berikut ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cara melacak HP yang hilang dalam dalam keadaan mati atau menyala

Apabila suatu saat ponselmu hilang dan jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, kemungkinan untuk dikembalikan sangat kecil. Oleh karena itu, penting bagi detikers untuk memahami metode pelacakan ponsel yang hilang guna segera mengetahui lokasinya. Jadi, ikuti penjelasan tentang cara melacak ponsel yang hilang, baik dalam kondisi mati atau hidup, di bawah ini.

1. Melacak dengan Google

Pertama, kunjungi situs https://www.google.com/android/findKedua, setujui Google untuk melacak lokasi HP kamuKetiga, login ke akun Google yang tercantum dalam HP kamu yang hilangKeempat, jika akun tersebut berada di beberapa perangkat Handphone, maka pilihlah jenis HP yang hilang di bagian kiri atas.Kelima, jika HP kamu memiliki beberapa akun Google, maka pastikan kamu login ke akun yang dijadikan profil utama.Keenam, kemudian, akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service.Lalu, akan muncul informasi mengenai lokasi HP di Google maps.Sayangnya, lokasi HP yang hilang bisa saja tidak akurat dan hanya lokasi perkiraan saja. Jika tidak berhasil menemukannya, coba lihat lokasi terakhir.

Di samping itu, ada opsi untuk mengaktifkan fitur bawaan seperti Putar Suara (Play Sound), yang akan membuat ponsel berdering selama 5 menit tanpa henti, meskipun dalam keadaan mode getar atau diam.

Fitur berikutnya disebut Amankan Perangkat (Secure Device). Pemilik ponsel dapat mengunci perangkat menggunakan PIN, pola, atau kata sandi, dan mengirimkan pesan atau nomor kontak ke layar kunci. Ini bertujuan untuk memudahkan orang yang menemukan ponsel untuk menghubungi pemiliknya.

Fitur selanjutnya yang dapat dimanfaatkan adalah Hapus Perangkat (Erase Device) yang akan menghapus seluruh data di ponsel secara permanen.

Namun, metode ini tidak mampu menghapus data yang tersimpan di memori eksternal, seperti kartu SD. Harap diingat, apabila detikers mengaktifkan opsi ini, maka fungsi aplikasi Temukan Perangkat Saya tidak akan beroperasi lagi.

Langkah pertama, masuklah ke akun Gmail yang terdaftar di ponsel melalui aplikasi browser di PC atau laptop.Selanjutnya, klik ikon tiga titik yang terletak di bagian kanan atas.Pilih akun yang terhubung dengan ponsel yang hilang.Buka menu Keamanan.Setelah itu, periksa informasi perangkat yang memiliki akses ke akun Gmail Anda.Pilih perangkat yang hilang untuk melacaknya.Klik tombol “Detail Selengkapnya”.Pilih opsi “Cari Perangkat”.Anda akan diarahkan ke layanan Temukan Perangkat Saya milik Google.Meskipun lokasinya mungkin tidak akurat, cara ini dapat digunakan untuk memperkirakan lokasi ponsel yang hilang.

3. Melacak HP dalam keadaan mati

Langkah awal, buka aplikasi Google Maps pada PC, laptop, atau perangkat HP lainnya.Selanjutnya, klik ikon segitiga kecil di bagian kanan halaman.Pilih opsi “Tambah Akun” atau “Tambahkan Akun Lain”.Setelah itu, masukkan alamat email yang terkait dengan ponsel yang hilang.Isikan kata sandi Anda dan klik “Saya Setuju”.Klik ikon segitiga kecil di pojok kiri atas halaman.Selanjutnya, pilih opsi “Linimasa”.Dengan demikian, aplikasi Google Maps akan mulai menunjukkan lokasi ponsel yang hilang Anda.

4. Melacak HP dengan Find My Device

Langkah pertama, unduh aplikasi Google Find My Device di perangkat lain.Kemudian, masuk ke akun Gmail yang terkait dengan ponsel yang hilang.Pilih opsi ‘Masuk sebagai Tamu’.Masukkan alamat email dan kata sandi untuk login.Setelah berhasil login, mulailah mencari lokasi perangkat yang hilang dan izinkan perizinan lokasi pada perangkat.Klik ikon berwarna hijau pada layar ponsel yang menunjukkan lokasi, dan pilih Google Maps yang terletak di pojok kanan bawah untuk melacak lokasi.Setelah itu, kamu akan diarahkan ke aplikasi Google Maps untuk melihat lokasi perangkat yang hilang yang telah terdeteksi.Untuk meningkatkan keamanan ponsel, pilih opsi ‘Kunci’ untuk mengunci perangkat, atau ‘Hapus’ untuk menghapus data pada ponsel yang hilang agar informasi pribadi tidak jatuh ke tangan yang salah.

5. Melacak HP dengan Find My Iphone

Untuk pengguna iPhone, fitur yang dapat digunakan adalah “Find My iPhone” yang sudah terdapat di perangkat tersebut.

Penting untuk diingat bahwa untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengetahui akun Apple ID yang terhubung dengan iPhone yang hilang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama, akses situs web iCloud melalui perangkat iPhone lain.Lakukan login dengan menggunakan akun Apple ID yang terkait dengan iPhone yang hilang.Setelah login, aktifkan fitur “Find My iPhone”.Pilih iPhone yang ingin dilacak dari daftar perangkat yang terdaftar.Gunakan opsi “Putar Suara” untuk membuat iPhone yang hilang mengeluarkan suara, yang sangat bermanfaat jika ponsel berada dalam jarak dekat dengan Anda.Namun, jika iPhone yang hilang berada di lokasi yang jauh dan dalam kondisi mati, kamu dapat memilih opsi ‘Mode Hilang’.

6. Melacak HP dengan My Mobile Samsung

Jika detikers menggunakan HP Samsung, ada fitur bernama “Find My Mobile Samsung” yang dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Ikuti penjelasannya di bawah ini.

Pertama, kunjungi situs findmymobile.samsung.com menggunakan perangkat lain.Selanjutnya, lakukan login menggunakan akun Samsung atau email yang terdaftar pada ponsel yang hilang.Dengan ini, lokasi ponsel yang hilang akan terlacak.Detikers dapat memanfaatkan fitur untuk memainkan suara pada ponsel, mengunci layar, dan menghapus data pada ponsel sesuai dengan opsi yang tersedia.

7. Melacak HP dengan Nomor IMEI

Nomor IMEI, atau International Mobile Equipment Identity, adalah identifikasi unik yang dimiliki setiap ponsel dan berbeda untuk setiap perangkat. Sebagai tindakan pencegahan jika ponsel hilang, disarankan untuk mengetahui nomor IMEI setelah membeli ponsel.

Nomor IMEI yang telah terhubung dengan alamat email dapat menjadi opsi alternatif untuk melacak ponsel yang hilang. Untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, buka fitur panggilan pada ponsel.Ketikkan *#06# tanpa menekan tombol panggilan.Nomor IMEI ponsel akan muncul secara otomatis.Alternatif lainnya adalah membuka pengaturan pada ponsel, lalu pilih “About Phone” atau “Tentang Ponsel”. Informasi mengenai nomor IMEI akan terlihat di sana.Dengan memiliki nomor IMEI, kamu dapat meminta bantuan dari pihak kepolisian untuk melacak ponsel yang hilang. Mereka akan menggunakan nomor tersebut untuk melakukan pelacakan.

Demikianlah penjelasan tentang cara melacak nomor IMEI ponsel yang hilang, baik dalam keadaan mati maupun hidup, untuk ponsel Android dan iPhone. Tetaplah waspada dan jaga barang-barang pribadi dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat!

*Artikel ini ditulis oleh Mohammad Frizki Pratama, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Simak Video “Tips Melacak HP yang Hilang dengan IMEI”[Gambas:Video 20detik](fay/fay)

 

Updated: Maret 4, 2024 — 11:45 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *