Studi Terbaru: Orang-Orang yang Tidak Beragama Jadi Kelompok Terbesar di AS

NEW YORK – Menurut sebuah studi terbaru, orang-orang yang menyatakan dirinya tidak beragama kini merupakan kelompok terbesar di Amerika Serikat (AS).

Amerika adalah rumah bagi banyak agama, termasuk kepercayaan yang tidak jelas yang jarang Anda temui. Namun tampaknya mereka mengambil langkah menjauh dari agama yang sudah mapan.

Penelitian tersebut, yang dilakukan terhadap 3.300 orang Amerika oleh Pew Research, menyoroti bahwa kelompok yang tidak terafiliasi dengan agama, yang biasa disebut sebagai ‘Nones’, telah menjadi kelompok tunggal terbesar di negara tersebut.

Menurut penelitian tersebut, kelompok None mencakup ateis (mereka yang tidak percaya pada Tuhan), agnostik (mereka yang tidak yakin akan keberadaan Tuhan), dan individu yang mengidentifikasi agama mereka sebagai “tidak ada yang khusus”.

BACA JUGA:

Dikutip situs VT, Kelompok ini kini berjumlah 28 persen dari populasi Amerika, melampaui kelompok Katolik (23 persen) dan Protestan Evangelis (24 persen).

Lonjakan jumlah anggota kelompok None patut diperhatikan, yakni naik dari 16 persen pada 2007. Meskipun mereka sama-sama tidak memiliki afiliasi keagamaan, kelompok None menunjukkan keyakinan dan sikap yang beragam.

Ketika ditanya tentang keyakinan mereka, Pew menemukan bahwa banyak orang None yang mengaku percaya pada Tuhan atau kekuatan yang lebih tinggi, namun hanya sedikit yang menghadiri ibadah keagamaan. Kelompok ini juga menampilkan beragam pendapat mengenai agama, beberapa di antaranya mengakui potensi bahayanya namun juga mengakui aspek positifnya.

Menariknya, mayoritas masyarakat None mempunyai pandangan positif terhadap sains, sehingga membedakan mereka dari individu yang menganut agama. Namun, mereka menolak anggapan bahwa sains bisa memberikan penjelasan komprehensif atas segala hal.






Follow Berita Okezone di Google News



Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya













 

Updated: Februari 12, 2024 — 9:53 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *